Sunday 10 May 2015

Bagaimana Menerjemahkan Bahasa Daerah menggunakan Shoebox



Cara Menerjemahkan Bahasa Daerah ke dalam Bahasa Indonesia menggunakan Shoebox

Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan kepada pembaca sekalian mengenai bagaimana cara menggunakan shoebox untuk menerjemahkan bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia atau pun untuk membuat kamus.

Shoebox merupakan sebuah aplikasi linguistik yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia serta bisa juga digunakan untuk membuat kamus. Namun, kali ini saya lebih mengkhususkan untuk memaparkan bagaimana cara menerjemahkan bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia.

Mahasiswa khusunya pada prodi bahasa Indonesia, pasti punya mata kuliah umum TIK yang mengharuskan setiap orang untuk  menggunakan aplikasi Shoebox. Terkadang ada mahasiswa yang kesulitan untuk mengoperasikannya. Meskipun sudah mempunyai buku panduan, namun masih saja belum mengerti bagaimana cara menggunakannya. Oleh karena itu saya akan memberitahukan kepada pembaca sekalian bagaimana cara menggunakan shoebox untuk menerjemahkan bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

1.      Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka Ms. Word, lalu ketiklah, kata, kalimat, atau paragraf menggunakan huruf SILDoulus IPA93, SILManuscript IPA93, atau pun SILSophia IPA93.

2.      Selanjutnya, copy kata, kalimat atau pun paragraf tersebut ke dalam WordPad => Save As. Pada belakang nama file tersebut ditambahkan .teks. (misalnya document.teks) dan  jangan lupa untuk mengubah format filenya menjadi teks document. Lalu klik Save => Yes.

3.      Setelah itu buka shoebox, lalu klik file => New => Save as. Simpan sesuai dengan nama file sebelumnya yang terdapat pada Wordpad. Tapi di belakang nama file tersebut ditambahkan .db (misalnya document.db).  Maka akan muncul Select Database Type. Tipe databasenya harus MDF 4.0. lalu klik Ok.

4.      Selanjutnya klik File => Open => cari nama file yang berformat .teks. tadi, lalu klik open. Maka akan muncul tabel Import. Lalu jangan lupa untuk mencentang Use Change Table. Setelah itu klik Browser dan cari file TPrepIPA.cct. lalu klik Ok. Jangan lupa juga untuk mencentang remove hanging indent spaces.

5.      Kemudian klik add new database, maka akan muncul database table. Klik add yang ada di deretan samping kanan, lalu akan muncul tabel new database. Pada bagian name, tulislah nama file yang sesuai dengan nama pada file sebelumnya dantambahkan interlineartext di belakang nama file tersebut. (misalnya documentinterlineartext). Pada record maker ketiklah ref. Lalu klik Ok

6.      Setelah muncul tabel database type properties-interlineartext, klik pada menu interlineartext => klik quick setup => ok. Lalu akan muncul tabel quick setup lexicon makers. Klik insert, pada gloss maker, (g) diubah menjadi ge, part of speech di ubah menjadi ps. Lalu klik ok

7.      Selanjutnya klik menu jump path, lalu klik insert.

8.      Setelah itu, klik menu makers, pada (g) double klik, pada field name ditulis gloss, pada (p) untuk part of speech, pada (m) untuk morpheme, (r) untuk reference, dan (t) untuk text. Lalu klik OK => close => OK => OK

9.      Setelah itu akan muncul tabel yang berisikan kata-kata, kalimat ataupun paragraf yang dibuat di dalam file pada wordpad maupun databasenya. Selanjutnya, copylah kata-demi kata dari file yang berformat teks itu ke table yang berformat data base. Setelah itu paste di bagian lx. Lalu arti dalam bahasa indonesianya ditulis pada bagian ge. Untuk kata selanjutnya, copy lagi pada tabel yang berformat teks, dengan  cara menekan Ctrl+C, lalu letakkan kursor pada table yang berformat database, lalu klik Ctrl+N, setelah itu klik Ctrl+V pada bagian lx, lalu artinya pada bagian ge. Lakukan langkah tersebut hingga selesai mengartikan semua kata-kata yang menggunakan bahasa daerah. 

1.  Setelah itu klik interlinearize pada deretan menu file atau dengan cara menekan tombol Alt+I, selanjutnya klik browse view pada menu pada deretan file atau dengan cara menekan tombol Alt=R. Maka bahasa yang digunakan dalam bahasa daerah pun bisa di artikan ke dalam bahasa Idonesia.

Demikianlah sedikit paparan tentang bagaimana cara menggunakan shoebox untuk menerjemahkan bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman maupun pembaca sekalian. Silakan tinggalkan jejak anda. Jika ada yang masih kurang dimengerti atau kurang paham. Silakan tinggalkan pesan di kotak komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment