Thursday 3 September 2015

Cara Menggunakan Powtoon dengan Cepat




Senang rasanya akhirnya saya bisa menulis lagi. Pada tulisan saya kali ini, saya akan memberitahukan kepada teman sekalian mengenai pengalaman saya ketika menggunakan aplikasi powtoon. Powtoon merupakan sebuah aplikasi online yang digunakan untuk presentasi. Powtoon sendiri memiliki animasi-animasi yang sangat menarik. Sehingga tidak rugi jika menggunakan aplikasi ini.
Sebelumnya saya tegaska, bahwa dalam menggunakan aplikasi powtoon ini sebaiknya menggunakan Google Chrome. Pernah pengalaman saya ketika membuat presentasi menggunakan powtoon saya menggunakan mozila dan akhirnya tersendat proses loadingnya padahal sudah di ujung, tinggal sedikit lagi. Setelah menunggu hampir sehari hasilnya sama saja. Bahkan tidak ada perubahan sama sekali. Saya pikir semua itu karena koneksi internet saya lola (loadingnya lambat). Namun kenyataannya tidak. Faktor terbesar yang mempengaruhinya adalah karena menggunakan Mozila Firefox. Akhirnya saya pun mencoba membuka powtoon menggunaka Google Chrome. Alhasilnya bisa.
 Pada hari pertama ketika saya menggunakan aplikasi powtoon, menghabiskan waktu selama 8 jam. Tapi lama kelamaan saya bisa membuatnya dalam waktu lima jam. Aplikasi powtoon ini jika semakin sering digunakan maka semakin cepat loadingnya. Aplikasi ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan.
Adapun kelebihan aplikasi powtoon adalah sebagai berikut.
1.      Memiliki animasi-animasi yang menarik.
2.      Sangat pas jika presentasi menggunakan powtoon pada jenjang sekolahan karena bisa mengusir rasa bosan melalui animasi-animasi yang dimilikinya.
3.      Hasilnya sangat menarik jika diiringi suara latar belakang yang pas.
4.       
Disamping itu, powtoon juga memiliki kelemaha. Adapun kelemahan aplikasi powtoon adalah sebagai berikut.
1.      Presentasi menggunakan powtoon itu kurang efektif. Terutama di jenjang perguruan tinggi. Karena durasi yang digunakan itu terlalu singkat sehingga sangat sulit bagi peserta untuk memahami materi yang akan disampaikan.
2.      Proses pembuatannya harus terhubung ke internet dan memerlukan waktu yang lama, minimal lima jam.
3.      Tidak bisa diberi musik latar belakang dari aplikasinya secara langsung. Jika dilakukan maka akan blank. Dan harus mengulang dari awal lagi.
Selanjutnya, saya akan memberitahukan bagaimana menggunakan powtoon.
1.      Bukalah powtoon. (www.powtoon.com)
2.      Buatlah slide sesuka hati pembaca menggunakan animasi-animasi yang tersedia.
3.      Setelah itu silakan preview agar bisa melihat kesalahan penulisan atau pun durasinya kecepatan.
4.      Selanjutnya export ke youtube.
5.      Lalu download dari youtube file yang sudah di eksport tadi.
6.      Setelah di download, video tersebut tidak aka nada suaranya jadi silakan tambahkan suara atau musik latar belakang.
7.      Cara menambahkan musiknya yaitu dowloadlah terlebih dahulu instrument latar belakang sesuai keinginan pembaca.
8.      Setelah itu gunakan movie maker untuk menambahkan musik latar belakang pada video presentasi tersebut.
9.      Kemudian simpanlah.
Demikianlah bagaimana cara menggunakan powtoon dengan cepat. Intinya, tidak akan mungkin bisa cepat jika jarang membuka powtoon. Bukan hanya itu saja, intinya kita juga harus sering latihan agar bisa menguasai bagaimana cara menggunakan powtoon. Jika ada masalah dalam pengoperasiannya silakan tinggalkan pertanyaan di kotak komentar. Terima kasih.

7 comments:

  1. Ka mau tanya, aplikasi powtoon itu durasi maksimalnya berapa untuk yang free?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya durasi waktu maksimal 3 menit. kalau mau take lebih mending buat 2 video nangi digabungin pake aplikasi editing video.

      Delete
  2. kakak, boleh bertanya? aplikasi ini berbayar y? kalo kita mau menggunakna dalam jangka panjang?
    terimakasi atas jawabannya,

    ReplyDelete
  3. kak mau tanya kok aku buka link nya gak bisa ya? malah ada tulisan galat

    ReplyDelete
  4. Kenapa yah punya saya susah sekali ter eksplore.
    Kalau saya mau eksplore , disitu langsung tertulis silahkan hapus objek objek yang tidak penting

    ReplyDelete
  5. Saya pake google crome tetap saja lama loading nya :(

    ReplyDelete